Laporan Akhir PWH

LAPORAN AKHIR PEMBUKAAN WILAYAH HUTAN (PWH)

PERENCANAAN TRASE JALAN HUTAN
PT. ATHA FIRAS JAYA
 ========================================

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Pembukaan wilayah hutan adalah kegiatan penyediaan prasarana atau infrastruktur seperti jaringan jalan, log pond, base camp induk dan base camp cabang, base camp pembinaan hutan, tempat penimbunan kayu/TPK, tempat pengumpulan kayu/TPN, jembatan dan gorong-gorong, menara pengawas, dan lain-lain. Kegiatan tersebut agar berlangsungnya kegiatan produksi, pembinaan hutan, inspeksi kerja, transportasi dan komunikasi antar pusat kegiatan.Pembukaan wilayah hutan harus dilaksanakan secara bertahap dan terpadu dalam perencanaannya agar dapat melayani kebutuhan masa kini dan masa yang akan datang dalam pengelolaan hutan lestari. Pembukaan wilayah hutan berfungsi untuk mempermudah pengangkutan pekerja, peralatan, bahan-bahan keluar masuk hutan, kegiatan pembinaan hutan, kegiatan pemanenan hutan, penebangan, penyaradan, pengumpulan, dan pengangkutan, serta  mempermudah kegiatan hutan lainnya.
Sebelum dilakukannya pembukaan wilayah hutan, ada satu tahapan yang sangat penting dan dapat dijadikan indikator penilaian kualitas PWH tersebut yakni perencanaan PWH. Apabila perencanaan PWH bernilai baik maka PWH tersebut layak untuk digunakan. Oleh sebab itu, praktikum Perencanaan PWH sangat diperlukan oleh mahasiswa Manajemen Hutan sebagai simulasi dalam perencanaan PWH.
Dalam perencanaan PWH ada empat aspek penting yaitu aspek teknis, aspek ekologi, aspek ekonomi, dan aspek sosial-budaya. Dengan memperhatikan perpaduan aspek teknis, ekonomis, ekologis dan sosial budaya setempat dalam melakukan pembukaan dasar wilayah hutan, pembukaan tegakan, pemilihan sistem pemanenan kayu, penanaman, pemeliharaan dan penjarangan hutan yang akan dipakai diharapkan pemanfaatan sumberdaya hutan dapat dilakukan dengan lestari.


Tujuan
1      Mahasiswa dapat membuat trase jalan dengan menggunakan metode langkah jangka.
2      Menilai kelayakan suatu jaringan jalan hutan dengan parameter PWH.
3      Mahasiswa dapat menganalisis serta memilih alternatif terbaik dalam PWH.



====>> Selengkapnya bisa download di sini

N/B : Dilarang Copas


Comments

Popular posts from this blog

Harga Kayu Meranti 2020

Proposal : Pembangunan Tempat Pengolahan Kayu (Sawmill) Di Sekitar Jalur Cigudeg-Leuwiliang

Penerapan AMDAL pada Pembangunan di Bidang Kehutanan