Laporan Geomat

 KARAKTERISTIK CITRA OPTIK (SATELIT)
=============================================

Pembahasan
Karakter utama dari suatu image (citra) dalam penginderaan jauh adalah adanya rentang panjang gelombang (wavelength band) yang dimilikinya. Beberapa radiasi yang bisa dideteksi dengan sistem penginderaan jarak jauh seperti : radiasi cahaya matahari atau panjang gelombang dari visible dan near sampai middle infrared, panas atau dari distribusi spasial energi panas yang dipantulkan permukaan bumi (thermal), serta refleksi gelombang mikro. Setiap material pada permukaan bumi juga mempunyai reflektansi yang berbeda terhadap cahaya matahari. Sehingga material-material tersebut akan mempunyai resolusi yang berbeda pada setiap band panjang gelombang (Thoha, 2008).
Menurut Fitriana (2010) element gambar menyatakan tingkat keabuan atau tingkat warna sedangkan informasi di dalamnya mempunyai ukuran presisi tertentu. Citra Satelit sendiri adalah suatu gambaran citra non-fotografik secara digital yang direkam oleh satelit penginderaan jauh dalam bentuk gambar (element pixel). Alat perekam citra tersebut disebut sensor sedangkan satelitnya disebut wahana. Sensor pada citra satelit ada dua macam yaitu:
1.      Sensor pasif, yaitu suatu sistem sensor yang merekam data obyek tanpa mengirimkan energi, sumber energi bisa dalam bentuk sinar matahari. Jenis sensor ini digunakan oleh satelit citra optik.
2.      Sensor aktif, yaitu sistem sensor yang merekam data objek mengirimkan dan menerima pantulan dari energi yang dikirim ke arah obyek, energi yang dikirim bisa berupa gelombang pendek, atau pun sinar X. Jenis sensor ini digunakan oleh satelit citra radar. (Raharjo, 2009).

Selengkapnya bisa download di sini


N/B : Dilarang Copas

Comments

Popular posts from this blog

Harga Kayu Meranti 2020

Proposal : Pembangunan Tempat Pengolahan Kayu (Sawmill) Di Sekitar Jalur Cigudeg-Leuwiliang

Penerapan AMDAL pada Pembangunan di Bidang Kehutanan