Laporan Pehdas

KARAKTERISTIK DAS CITARUM (JAWA BARAT)
 ===============================================
PENDAHULUAN

DAS Citarum memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan air untuk pertanian, aktivitas industri, pembangkit listrik serta kebutuhan domestik di beberapa daerah di Jawa Barat. Secara hidrologis DAS Citarum sekarang ini telah mengalami degradasi yang cukup parah, tekanan jumlah penduduk dan kebijakan pembangunan yang bertumpu pada pertumbuhan ekonomi menyebabkan terjadinya alih fungsi lahan yang sarat dengan eksploitasi dan pencemaran di DAS Citarum. DAS Citarum bukanlah sumber masalah, akan tetapi DAS Citarum merupakan korban dari perilaku manusia.
Sungai Citarum yang panjangnya sekitar 350 km, dimulai dari hulu bermata air di Gunung Wayang Kabupaten Bandung (1700 mdpl) dan berhilir di muara Gembong Bekasi dengan melewati dasar cekungan dan mengalir ke daerah pengaliran sungainya (DPS) seluas 12000km persegi dan meliputi 13 wilayah administrasi yaitu Bandung, Bandung Barat, Kotamadya Bandung, Kota Cimahi, Sumedang, Cianjur, Bogor Sukabumi, Subang Purwakarta, Bekasi, Karawang, dan Indramayu. DAS Citarum secara biofisik mempunyai keterkaitan yang tidak bisa dipisahkan antara bagian hulu, tengah, dan hilir. Oleh karenanya tindakan pengelolaan dan pengendalian yang dilakukan tidak hanya bersifat parsial dan sektoral saja. Melainkan harus integritas serta terarah pada penyebab permasalahan dan akibat yang ditimbulkannya.
Menurut Riswandani (2010), pemanfaatan DAS Citarum memiliki 3 fungsi, yaitu: 1. Fungsi Ekologi, yaitu sebagai penyempurna ekosistem dan penopang kelestarian sumber daya alam. 2. Fungsi Sosial, yaitu sebagai penunjang kebutuhan pokok hajat hidup manusia. Dan 3. Fungsi ekonomi, yaitu sebagai media produksi atau pembantu media poduksi. Fungsi-fungsi tersebut akan terhambat apabila masih ada masalah-maslah yang masih belum dapat diselesaikan. Maka penanganan yang tepat dapat mempertahankan fungsi/kondisi pada DAS Citarum.

Selengkapnya bisa download di sini


N/B : Dilarang Copas

Comments

Popular posts from this blog

Harga Kayu Meranti 2020

Proposal : Pembangunan Tempat Pengolahan Kayu (Sawmill) Di Sekitar Jalur Cigudeg-Leuwiliang

Penerapan AMDAL pada Pembangunan di Bidang Kehutanan