Laporan Pehdas

EKOREGION DAS
=========================================

PENDAHULUAN

Latar Belakang
DAS merupakan ekosistem yang terdiri dari berbagai macam komponen dan terjadi keseimbangan dinamik antara komponen yang merupakan masukan (input) dan komponen yang merupakan keluaran (output), dimana keadaan atau pengaruh yang berlaku pada salah satu bagian di dalamnya akan mempengaruhi wilayah secara keseluruhan. Sedangkan pengertian Daerah aliran sungai itu sendiri adalah wilayah tangkapan air hujan yang akan mengalir melalui sungai yang bersangkutan. Daerah ini umumnya dibatasi oleh topografi yang berarti ditetapkan berdasarkan aliran air permukaan.
DAS ada yang kecil dan ada juga yang sangat luas. DAS yang sangat luas bisa terdiri dari beberapa sub DAS dan sub DAS dapat terdiri dari beberapa sub- sub DAS, tergantung banyaknya anak sungai dari cabang sungai yang ada, yang merupakan bagian dari suatu sistem sungai utama. DAS mempunyai karakteristik yang berkaitan erat dengan unsur utamanya seperti, tataguna lahan, topografi, kemiringan dan panjang lereng. Karakteristik DAS tersebut dalam merespon curah hujan yang jatuh di tempat tersebut dapat memberikan pengaruh terhadap besar kecilnya aliran air sungai. Berikut ini adalah gambaran mengenai satu DAS yang ada di sumatera utara yang dapat dilihat dari berbagai aspek yang ada (ekologi, ekonomi, sosial, politik, bahkan kelembagaan yang ada disana).

Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengetahui kondisi atau keadaan suatu ekoregion DAS yang ditinjau dari berbagai aspek, seperti ekologi, ekonomi, sosial, politik, permasalahan yang ada bahkan sampai kelembagaan yang terdapat dalam kawasan DAS tersebut.

Selengkapnya bisa download di sini


N/B : Dilarang Copas

Comments

Popular posts from this blog

Harga Kayu Meranti 2020

Proposal : Pembangunan Tempat Pengolahan Kayu (Sawmill) Di Sekitar Jalur Cigudeg-Leuwiliang

Penerapan AMDAL pada Pembangunan di Bidang Kehutanan