Apa itu Adsense ? Kenalan dulu sama Adsense


Tutorial Adsense - Saya buat blog sudah cukup lama, mulai dari tahun 2010, sekarang umurnya udah 7 tahun, tapi gak pernah diurusin, tapi okelah gak ada kata terlambat untuk memulainya kembali dari "Nol". Percuma juga, setelah tahu ternyata Blog dapat menghasilkan uang, dulu pernah sempat dengar tentang program iklan perklik, tapi kala itu belum begitu tertarik, sehingga nge-blog pun cuma asal-asalan dan seperlunya, bukan benar-benar belajar hingga cukup mahir menjadi seorang blogger sejati.

Dan kemudian, akhir-akhir ini, setelah banyaknya publikasi kisah-kisah sukses seorang blogger ya sebut saja om EL yang katanya bisa raup ribuan bahkan belasan ribu Dolar per-bulan, akhirnya penasaran juga dan lanjut dengan kembali belajar dari Mbah Google lagi.

Kembali lagi, tidak ada kata terlambat untuk memulai dari NOL. Kita perbaiki semua kualitas dan teknik ngeblog yang baik dan benar serta fair. Maaf untuk para blogger yang sudah master, saya dulu sempat meng-copast  artikel-artikelnya, bukan alasan lain-lain kecuali hanya untuk mengkoleksi artikel-artikel yang saya nilai baik dan menarik untuk disimpan di blog saya yang sewaktu-waktu bisa saya buka tanpa googling lagi. Mungkin kedepannya kita akan fair untuk menjadi seorang blogger yang baik.

Untuk para blogger pemula, ayo kita sama-sama belajar, dan ketiga kalinya saya ulang "Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan memulai lagi dari NOL". Ayo belajar bareng.

Mengenal Adsense

AdSense merupakan sebuah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.


Google Adwords merupakan cikal bakal kelahiran Google Adsense (GA). Google Adwords adalah program periklanan yang ditawarkan google kepada para pemilik situs yang ingin mempromosikan situsnya, dengan cara menampilkan link situs pengiklan di hasil pencarian untuk kata kunci (keyword) tertentu.

Contoh : jika kita melakukan pencarian di google dengan kata kunci : "Toko Online" misalnya, maka hasil pencarian, yang muncul di halaman pertama akan ada alamat web yang di Adwords kan atau di iklankan melalui adwords biasanya ada tanda "iklan" atau "ads" warna kuning,
(Google Adwords)


Tentu saja, para pemasang iklan akan dikenakan sejumlah biaya tergantung dari kepopuleran kata kunci yang dipilihnya. Namun Google menyadari, meskipun dia sekarang ini menjadi search engine nomor satu di dunia, tidak semua pengguna internet di dunia yang memakai google sebagai mesin pencari, sehingga iklan di google adwords, belum mampu menjangkau seluruh pengguna internet.

Oleh karena itu mereka menawarkan kepada pemilik situs (blogspot, wordpress, maupun website dengan hosting sendiri) untuk memasang iklan Google Adwords di situs mereka dengan pola bagi hasil yang disebut Google Adsense. Jika ada seseorang yang mengunjung situs peserta adsense dan mengklik iklan yang ada di situs tersebut, maka pemilik situs akan mendapat komisi dari google, metode pembayaran komisi seperti ini biasa disebut dengan nama Pay per Click (PPC).

(Google Adsense)


Berapa Komisi untuk Pemilik Situs (blog/website)

Komisi yang didapatkan tergantung iklan yang ditempatkan di situs kita. Google sendiri akan menempatkan iklan sesuai dengan isi/content situs . Harga Pay per click sendiri ditentukan oleh seberapa mahal kata kunci tersebut dihargai oleh pemasang iklan Adwords, misalnya kata kunci "toko online" mungkin dihargai 0.5 dolar per klik, tetapi kata kunci "toko online" dihargai hingga 30 dolar per klik. Kata-kata kunci yang bernilai tinggi inilah yang disebut dengan High Paying Keyword (HPK). Situs-situs dengan topik spesifik untuk kata kunci (keyword) tertentu disebut situs niche. (Baca juga Jenis Blog Adsense).

Jika situs kita dikunjungi 1000 orang per hari , dan asumsikan ada 1% atau (10 pengunjung dari 1000 orang pengunjung) yang mengklik iklan dengan komisi 30 dolar per klik, maka dalam sehari situs itu sudah menghasilkan 300 dolar/hari atau 9000 dolar per bulan. Lumayan kan, jauh lebih tinggi dari gaji fresh graduate. Seandainya punya 10 situs serupa, hitung aja sendiri penghasilannya. Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa orang yang meraih komisi diatas 10.000 dolar per bulan, yang dapat ribuan dolar sudah banyak, apalagi yang cuma ratusan.

Di Amerika sendiri, banyak yang sudah mendapat ratusan ribu bahkan jutaan dolar, seperti situs plentyoffish. com ( perjodohan) atau digg.com ( berita) atau ezinearticles. com, hebatnya rata-rata situs mereka bukan lahir dari perusahaan-perusahaan besar silicon valley ( seperti yahoo, google, etc), tapi dari rumahan, ya dari rumah dengan modal PC yang terkoneksi ke internet.

  

Terus ? Bagaimana cara ikutan Google Adsense

Pertama : Harus punya website, minilam Blog, Nah untuk sekarang Google lebih sensitif terhadap program ini, tidak sembarangan Blog atau website dapat diterima, berbeda dengan dua atau tiga tahun yang lalu. Topik/niche blog tertentu (e.g. education, consultant, farm, etc), kita bisa apply di google.com/adsense,

Kedua : lakukan registrasi pada Google Adsense, GA akan mereview situs kita, jika memenuhi syarat dan diterima, kemudia GA akan memberikan kode-kode html yang harus kita masukkan di situs kita.

Berikut langkah-langkah membuat blog adsense:
  • Daftar Blog, di Blogger.com
  • Tentukan topik atau niche blog yang akan dibuat, misal ; kesehatan. music, teknologi. dll
  • Posting 10-15 artikel sesuai topik yang sudah teman-teman pilih.
  •  Pasang Iklan

====> Nah untuk tahu Lengkapnya Silahkan Baca :
Cara Mendaftar Adsense Agar Cepat diterima



==========Semoga Bermanfaat==========


Note : dicatut dari berbagai sumber (Ilmu Komputer, Sulaidihasibuan, dll

Comments

Popular posts from this blog

Harga Kayu Meranti 2020

Proposal : Pembangunan Tempat Pengolahan Kayu (Sawmill) Di Sekitar Jalur Cigudeg-Leuwiliang

Penerapan AMDAL pada Pembangunan di Bidang Kehutanan