[Cara Buat Blog] Cara Membuat Blog/Website Gratis : 5 menit Jadi


Bagi orang yang belum tahu apa itu blog atau saya sebutnya sih website gratis. Oke, sesuai definisi dari wikipedia, (bisa dicari sendiri nanti) Blog adalah salah satu bentuk yang mana Blogger sendiri adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com.

Yah, pada intinya kita dapat membuat tulisan-tulisan kita yang bisa kita share atau bagi ke orang lain, berbagi foto juga yaitu dengan menggunakan apa yang disebut blog ini. Nah bedanya Blog dengan Blogger, seperti antara induk dan anak saja. Blogger adalah kumpulan dari banyak blog, yang merupakan layanan publikasi gratis atau website gratis yang sekarang sudah diakusisi oleh Google.

Dengan sebuah blog ini, kita dapat melakukan banyak hal, mulai dari berbagi ilmu dan pengetahuan sampai dengan menghasilkan uang atau pendapatan. Tentunya tidak ada proses yang harus dilakukan hingga kita mampu mendapatkan penghasilan dari sebuah blog.

Oke, saya kira langsung saja tutorialnya untuk membuat blog baru (ini untuk yang masih awam banget yah) kalau yang untuk master saya kira saya juga merupakan pemula yang masih sama-sama belajar.

Cara Buat Blog baru Gratis :


Langkah Pertama, Harus punya akun Gmail !!! Apa itu gmail ? dan bagaimana cara mendaftarnya ? Kalau belum tahu, silahkan Baca : Cara Buat Email Gmail Baru


Langkah Kedua, Lakukan registrasi ke blogger.com, caranya adalah :



  • Untuk saat ini,ketika kamu masuk ke blogger.com, maka akan langsung masuk ke account.google.com, Nah ini lah fungsinya gmail tadi,


  • Masukan admin akun gmail kamu ke dalam account.google tersebut (alamat email dan password),



Langkah Ketiga, Jika kita masuk dalam proses verifikasi, maka lakukan tahapan-berikut, *tetapi jika tidak membutuhkan verifikasi, maka langsung dapat meloncat ke langkah kempat:

"Masukan no. Hp yang aktif, karena no. tersebut akan dikirimi Kode Verifikasi, Klik "Get code"

"Masukan kode, nya setelah ada sms masuk ke no. Hp"




Langkah Keempat, Jika ketika masuk blogger.com langsung masuk ke bagian halaman ini, langsung saja masuk proses registrasi blogspot.





Langkah Kelima, Ketika halaman dibawah ini muncul, maka kita akan siap dengan proses registrasi blognya,


Buat profil, google plus


Lengkapi, data-datanya,


dan profil kamu siap untuk melanjutkan registrasi blog.



Langkah Keenam, Registrasi Blog,

Klik, "Lanjutkan ke blogger"

akan muncul "Dashbor blog kita" kemudian Klik " Buat Blog"

Lengkapi data-datanya !!!!
Catatan :
Khusus untuk alamat blog, biasanya tidak langsung diterima, intinya buatlah alamat blog yang tidak menyamain alamat blog orang lain, jika kita buat alamat blog sama dengan orang lain, maka akan ada peringatan bahwa alamat blog tidak valid/tidak dapat digunakan, 
Ganti alamat tersebut, sampai diterima atau valid, jika sudah oke, langsung klik tombol "Buat Blog!"



Terakhir, Blog sudah jadi, dan siap untuk diisi banyak artikel dan tulisan-tulisan kamu, tentunya usahakan tulisan original akan lebih bagus lagi. Selamat Berkarya.




Note :

Ini adalah tahap awal, untuk ngeblog untuk membuat desain blog yang lebih menarik dan keren, ada banyak proses, perlahan bisa kita lakukan sembari mengisi blog baru kita, kita bisa belajar mulai dari

Membuat/Memasang Desain Template Blog keren

Menambahkan Widget
Optimasi SEO
Google MasterWeb
Mendaftarkan Adsense

Tunggu artikel lengkapnya, thanks.

==========> SEMOGA BERMANFAAT <==========











Comments

Popular posts from this blog

Harga Kayu Meranti 2020

Proposal : Pembangunan Tempat Pengolahan Kayu (Sawmill) Di Sekitar Jalur Cigudeg-Leuwiliang

Penerapan AMDAL pada Pembangunan di Bidang Kehutanan